CIREBON – Lagi, prestasi membanggakan ditunjukkan mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon. Isna Silvia mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unswagati meraih juara ke-2 tingkat Nasional dalam Pekan Nasional Esai Mahasiswa (PENA EMAS) 2016, di Universitas Trunojoyo, Madura, Jawa Timur awal 10 Nopember lalu.

Isna yang juga aktif di UKM Penalaran dan Keilmuan (P&K) Unswagati itu hanya diungguli oleh Rahmat Nofianto dari Universitas Negeri Padang sebagai juara 1, juara ke-3 diraih oleh Mustaqim dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Sementara finalis lainnya diantaranya Supriadi Widodo (Univ. Riau), Moch. Yazid (Univ.Airlangga), Satria Arif (Univ.Syiah Kuala), Yuli Arti (Univ. Negeri Yogyakarta), Moh. Taqiyudin (Univ.Proklamasi 45 Yogyakarta), Rifqi Dhaifullah (Univ Trunojoyo).

Saat babak final pada 9 Nopember lalu Isna mendapat kesempatan selama 10 menit mempresentasikan karyanya dan tanya jawab selama 10 menit dari 3 orang juri yang telah disiapkan oleh panitia. Presentasi tersebut dilakukan di depan peserta seminar nasional pendidikan yang mengangkat tema “Peranan Mahasiswa dalam Mengoptimalkan Pendidikan yang Kreatif dan Inovatif berbasis Kearifan Lokal menuju Indonesia Emas”.

Untuk melau ke babapk final Isna Silvia telah mengaku harus melalui beberapa tahapan sampai lolos sebagai finalis. “Saya harus menyisihkan lebih dari 60 mahasiswa lainnya dari berbagai universitas ternama di Indonesia. Ini menjadi tantangan tersendiri untuk turut membangun pendidikan yang kreatif dan inovatif berbasis kearifan lokal menuju Indonesia emas,” ungkap Isna.

isna2-199x300

Dia juga menjelaskan gagasan kreatifnya dalam PENA EMAS itu dengan mengoptimalkan kearifan lokal Jawa Barat, yaitu permainan tradisional “Dam-daman dalam meningkatkan pemahaman matematis”. Isna memadukan unsur edukasi dalam permainan tradisional dam-daman dengan matematika sehingga gagasan yang muncul yaitu “Damdamatika (dam-daman ala matematika) : Strategi Meningkatkan Pemahaman Matematis”.

Ketua Prodi Matematika Dwi Cita Rosita, M.Pd didampingi dosen matematika Dede Trie Kurniawan, S.Si M.Pd mengaku bangga dengan pencapaian anak didiknya tersebut. Dirinya berharap Isna terus mengembangkan kemampuannya agar lebih berprestasi lagi di masa mendatang. “Alhamdulillah mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unswagati mampu menunjukkan prestasi di tingkat nasional. Ini tentunya berkat kerjasama semua pihak, mahasiswa dosen, pimpinan fakultas dan universitas,” ujarnya.

Sementara Rektor Unswagati Prof Dr H Rochanda Wiradinata, MP memberikan apresiasi atas kemenangan Isna Silvia mahasiswa FKIP Unswagati. Bagi prof DJohan—panggilan arabnya—kemenangan ini menunjukkan bagaimana kualitas mahasiswa Unswagati mampu bersaing di tataran nasional. “Kepada Pak Dekan, Ibu Ketua Prodi, para dosen dan semuanya saya sampaikan selamat khususnya kepada Isna,” jelas rektor. Dua pekan sebelumnya mahasiswa FE Unswagati Snady Firman juga menyaber juara pertama dalam lomba Sekolah Pasar Modal tingkat nasional di Universitas Bunda Mulia, Jakarta.(mj)