1. Pendahuluan

Sebelum melakukan Pendaftaran  melalui  Portal  PMB Universitas  Swadaya  Gunung Jati, alangkah baiknya Calon Mahasiswa mempelajari terlebih dahulu Alur Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.

1.1 Alur Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

Calon mahasiswa melakukan pembelian formulir secara ONLINE melalui Portal PMB Unswagati (http://pmb.unswagati.ac.id) pilih menu form pendaftaran dilanjutkan mengisi form tersebut secara lengkap, setelah itu klik daftar sehingga muncul id tagihan kemudian cetak. Pembelian formulir dilanjutkan di Bank BJB dengan menunjukan id tagihan yang sudah dicetak sebelumnya atau dapat juga melakukan pembelian formulir secara OFFLINE di sekretariat pendaftaran Kampus I Unswagati Jl. Pemuda No. 32 Kota Cirebon untuk mendapatkan username dan password. Setelah mendapatkan username & password calon mahasiswa diwajibkan login ke Portal PMB Unswagati (http://pmb.unswagati.ac.id) pilih menu LOGIN untuk mengisi/melengkapi biodata pribadi, orang tua dan asal sekolah. Setelah mengisi lengkap calon mahasiswa diharapkan untuk mencetak berkas pendaftaran, yaitu Cetak Kartu Ujian untuk jalur seleksi Reguler/Testing, cetak Kartu PMDK untuk jalur seleksi Undangan/PMDK, cetak Surat Pernyataan dan terakhir cetak Surat Kesanggupan Membayar. Untuk jalur Reguler mengikuti UJIAN sesuai jadwal yang tertera di Kartu Ujian kecuali jalur PMDK berdasarkan seleksi persyaratan yang diminta. Tahapan selanjutnya baik Reguler maupun PMDK mengikuti Wawancara didampingi ORTU/WALI sesuai waktu yang telah ditentukan. Setelah dinyatakan LULUS & DITERIMA  Calon Mahasiswa diharuskan segera melakukan REGISTRASI untuk mendapatkan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dan menyerahkan berkas kelengkapan yang diminta untuk dilakukan verifikasi oleh Panitia SPMB Unswagati Cirebon.

Berikut ini adalah Diagram Alur Pendaftaran Mahasiswa Baru TA. 2018/2019:

tik brosur unswagati 2017 copy

(Gambar 1.1 Alur Pendaftaran Mahasiswa Baru)

2. Daftar Formulir Online

Calon mahasiswa baru dapat mengakses halaman http://pmb.unswagati.ac.id pada  jendela  browser,  pilih form pendaftaran pada menu bagian atas, Isi data yang sebenarnya pada form pendaftaran kemudian klik daftar, setelah pendaftaran telah selesai calon mahasiswa dapat mencetak bukti pendaftaran untuk pembelian form pendaftaran pada BJB

pmb2018

Setelah melaksanakan pembelian form pendaftaran pada BJB calon mahasiswa akan mendapat user dan pasword sebagai akun untuk login pada portal pendaftaran mahasiswa baru.

 

3. Akses Portal PMB

3.1. Login Portal PMB Universitas Swadaya Gunung Jati  Cirebon

login

(Gambar 3.1 Form Login Portal PMB)

Untuk memasuki Portal PMB calon mahasiswa baru dapat mengakses halaman http://pmb.unswagati.ac.id pada  jendela  browser.  Masukan  username  dan  password pada halaman login portal. Username dan password diperoleh calon mahasiswa setelah melakukan registrasi baik via bank maupun kesekertariatan pendaftaran mahaiswa baru Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.

3.2. Halaman Awal Portal PMB Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

Saat proses login berhasil, layar akan menampilkan halaman awal portal PMB seperti pada gambar berikut:

pmb awal t

(Gambar 3.2 Halaman Awal Portal PMB)

3.3. Formulir Registrasi PMB Online

Selanjutnya calon mahasiswa harus melengkapi biodata, dengan mengklik tombol “Edit Formulir” maka layar akan menampilkan form formulir online seperti pada gambar berikut:

new-picture-3

(Gambar 3.3 Form Formulir PMB Online)

3.4. Cetak Berkas Registrasi PMB Online

Setelah seluruh informasi pada form formulir online terisi, selanjutnya calon mahasiswa harus mengakses menu “Cetak” pada header menu untuk mendownload dan atau mencetak beberapa berkas registrasi. Selanjutnya klik tombol “Logout” dan proses registrasi online selesai.

new-picture-4

(Gambar 3.4 Cetak Formulir PMB Online)

 

  • Proses pendaftaran online selesai